AMPK Tuntut Pencabutan Izin Operasional Tambang Semen Kendeng

Aliansi Malang Peduli Kendeng menyuarakan sejumlah tuntutan dalam aksi yang dipusatkan di depan Balai Kota Malang, Kamis (23/3/2017).

Seperti diberitakan, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Malang Peduli Kendeng menggelar aksi keprihatinan atas meninggalnya petani Kendeng, Ny Patmi. Petani sekitar Pegunungan Kendeng, Jawa Tengah terus berjuang menolak pabrik semen di kawasan itu.

Perjuangan mereka salah satunya dengan cara memasung kaki mereka ke semen. Terakhir mereka sempat bertemu Presiden Joko Widodo.

 

Dalam aksi di Kota Malang ini, ada sejumlah tuntutan yang mereka sampaikan. Terdapat empat tuntutan yaitu, pertama, mendesak Jokowi – JK (Joko Widodo dan Jusuf Kalla) menghentikan izin operasi PT Semen Indonesia di Kendeng.

Kedua, meminta pemerintahan Jokowi – JK menghentikan proyek insfrastruktur yang mengusir dan meminggirkan rakyat dari ruang hidupnya.

 

Ketiga, mendesak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo taat hukum terhadap putusan MA dan membatakan izin lingkungan dalam kegiatan penambangan. Keempat, mendesak rezim Jokowi – JK menjalankan kedaulatan politik dan ekonomi untuk rakyat.

“Harus ada pengkajian ulang semua proyek pembangunan yang itu merusak lingkungan. Dan aksi kami ini juga sebagai bentuk keprihatinan atas meninggalnya Ibu Patmi yang berjuang menolak pabrik semen,” tegas Korlap Aksi, M Iqbal.

 

Iqbal menegaskan, pemerintah pusat harus segera membuat kebijakan yang berpihak kepada rakyat di sekitar Pegunungan Kendeng. Petani di kawasan itu, lanjutnya, menolak ekspolitasi Kendeng karena akan mengancam ketersediaan dan kesinambungan air di kawasan tersebut.

dalam aksinya, para pendemo memakai pakaian serba hitam dan payung hitam. Mereka membawa sejumlah poster yang antara lain bertuliskan ‘Sawah Habis di Negeri Agraris’, ‘Tolak Pabrik Semen’, ‘Tanahku Dirampas dan AKu Dibunuh’, juga ‘Tuntaskan Kasus Agraria’.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s